Kamis, 13 Desember 2012

Cara Meningkatkan Stamina Atlit

Stamina menjadi salah satu problem utama bagi para pemain sepakbola dan juga atlit -atlit lain di cabang olahraga manapun. Stamina atau ketahanan fisik para pemain menjadi salah satu faktor utama dalam memenangkan pertandingan, Dengan stamina yang baik maka peluang dalam memenangkan hasil petandingan menjadi lebih besar. Oleh karena itu maka kita harus memiliki cara meningkatkan stamina atlit yang kita bina.
Cara meningkatkan stamina atlit atau pemain yang dapat kita lakukan adalah:
  • Latihan yang terprogram.

Latihan yang terprogram merupakan salah satu cara meningkatkan stamina atlit / pemain, seperti latihan lari dengan jarak dan waktu tertentu. Latihan ini meliputi lari jarak pendek dengan intensitas pengulangan dan kecepatan tertentu yang telah disesuaikan, lari jarak menengah dengan target waktu tertentu, serta latihan yang lebih ektrim dengan jarak dan waktu yang telah disesuaikan.
Setelah melakukan latihan ini maka kita dapat melakukan test terhadap atlit dengan test VO2 Max, dengan test ini maka kita dapat melihat bagaimana stamina para pemain setelah melakukan program latihan yang telah kita berikan.

  • Cukup Cairan Tubuh

Ketersedian cairan tubuh menjadi salah satu hal penunjang dalam menjaga stamina tubuh. Sehingga sangat diperhatikan jangan sampai atlit atau para pemain kekurangan cairan tubuh ketika bertanding.
  • Makanan Yang Dikonsumsi

Tubuh sangat membutuhkan kalori sebagai sumber energi ketika para atlit / pemain bertanding. Kebutuhan akan makanan yang bergizi tidak hanya diberikan ketika atlit / para pemain akan bertanding, tetapi juga ketika para pemain berlatih bahkan juga ketika tidak bertanding atau istirahat. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan stamina para pemain adalah jus buah atau jus sayuran, selain juga makanan-makanan lainnya yang di rekomendasikan oleh ahli gizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar