Minggu, 06 Mei 2012

Manfaat Pisang Sebagai Sumber Energi Para Atlit

Sebagai salah satu team sepakbola amatir yang mencoba untuk selalu tampil baik, asupan gizi bagi pemain PORHAM FC menjadi salah satu bagian yang diperhatikan oleh tim manajemen PORHAM FC. Salah satu asupan makanan yang menjadi andalan manajemen PORHAM FC untuk meningkatkan stamina pemain adalah pisang.Pisang sebagai makanan daerah tropis memiliki banyak manfaat bagi para pesepakbola ketika tampil. Berikut ini manfaat pisang bagi pesepakbola atau atlit :
  1. Didalam pisang terdapat potassium, nutrisi yang dapat menurunkan resiko kram pada otot, mampu menurunkan tekanan darah serta mampu menambah energi bagi pengkonsumsinya.
  2. Pisang mengandung asam amino, molekul pembentuk protein sehingga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak menjadi energi, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya sendiri.

  3. Kandungan pectin, potassium dan magnesium pada pisang mampu mengurangi resiko kekurangan mineral yang disebabkan keluarnya cairan dari tubuh.
  4. Mengkonsumsi pisang dapat memulihkan stamina tubuh. Selain itu pisang juga mampu menghilangkan rasa pegal pada otot, mengurangi rasa mual, dan mengurangi tingginya level magnesium, sehingga membantu menghilangkan pusing dan melancarakan peredaran darah.
  5. Menurut hasi riset yang dilakukan para dokter di india pisang mengandung tiga gula: fruktosa, sukrosa, glukosa dan memiliki lebih banyak karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan buah-buah lain. Gula yang mengalir dengan kecepatan berbeda yang bisa menjaga kadar gula dan menghindari kekurangan energi.
Selain itu fakta membuktikan bahwa jutaan buah pisang di konsumsi oleh atlit-atlit tenis profesional yang tampil di turnament tenis bergengsi Wimbledon setiap tahunnya.  Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan yang menjadi sumber energi instan para atlit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar